Selasa, 22 Januari 2013

Anas: Ibu Kota Lebih Baik di Banten


Anas: Ibu Kota Lebih Baik di Banten



JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum angkat bicara mengenai wacana pemindahan Ibu Kota Jakarta. Menurut pusat pemerintahan lebih baik di luar Jakarta. Pasalnya, Jakarta kerap dihantui banjir.
"Saya setuju kalau pusat pemerintahan (Ibu Kota) bukan di Jakarta. Tapi di Banten dan sekitar Jakarta," kata Anas di Kampung Japat, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (21/1/2013).
Anas mengatakan, Jakarta lebih baik hanya menjadi pusat bisnis dan perdagangan. Menurutnya, kondisi Jakarta cocok untuk hal tersebut. Sebab, secara geografis Jakarta sangat strategis menjadi pusat perniagaan.
"Jakarta lebih cocok buat itu, namun pemindahan Ibu Kota menurut saya bukan solusi alternatif banjir," ujarnya.
Menurut Anas, solusi banjir adalah membangun infrastruktur pencegahnya dengan komprehensif. Pembangunan infrastruktur pencegah banjir, lanjutnya, harus melibatkan koordinasi Pemerintah Pusat dan Daerah.
"Tidak bisa ada solusi yang tiba-tiba saja jatuh dari langit untuk atasi banjir di Jakarta. Termasuk ide pemindahan Ibukota," tutupnya.
Seperti diberitakan, wacana pemindahan Ibu Kota kembali menguat setelah Jakarta kembali dilanda banjir besar pada Januari 2013 ini. Bencana banjir tersebut sempat menggenangi kawasan Istana Negara dan memutus lalu lintas di Jalan Sudirman-Thamrin. Selain merendam Istana, banjir juga melanda beberapa kawasan Jakarta Utara, Pusat, Selatan, Barat, dan Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar