Jumat, 25 Januari 2013

Apple Patenkan Teknologi 'Sepatu Pintar'

Headline
INILAH.COM, California - Apple mulai menyasar segmen lain untuk semakin menunjukkan dominasinya. Segmen apakah itu?
Setelah desas-desus tentang pengembangan jam tangan cerdas 'Smartwatch', kini Apple mematenkan 'Smartshoes', sepatu canggih yang dapat memberitahu penggunanya jika sepatu itu sudah harus diganti.
Perusahaan elektronik raksasa asal AS ini pertama kali mengajukan paten untuk sepatu pintarnya tersebut pada Juli 2012. Paten itu melibatkan tiga komponen utama, yakni detektor untuk merasakan ketika sepatu tak lagi layak digunakan, sebuah prosesor untuk mengukur data dan alarm untuk memperingatkan pengguna ketika sepatu tidak lagi stabil dipakai.
Sensornya berupa accelerometers, sensor tekanan, dan sensor peregangan piezoelectric. Data yang didapat lalu diproses melalui algoritma, yang dapat diatur sesuai dengan spesifikasi dari produsen sepatu, yang akan menentukan pada titik apa sepatu tersebut tidak layak lagi digunakan.
Menurut Apple, sepatu tidak hanya menawarkan kenyamanan dan perlindungan, tetapi juga stabilitas untuk kaki selama kegiatan fisik seperti olahraga atau latihan lainnya. Jika sepatu tersebut digunakan terus menerus, efektivitas pelindungnya akan berkurang.
Jika sudah mencapai titik tersebut sepatu tidak akan lagi bisa melindungi kedua kaki, yang mungkin bisa membuat kaki sakit atau bahkan cedera. Sistem sensor dan alarm inilah yang akan menjadi solusi untuk mencegah cedera.
Mengutip Apple Insider, sepatu ini nantinya akan menggunakan baterai built-in dan tampilan LED pada alarmnya, dan juga akan kompatibel dengan iPad dan iPhone. Teknologi serupa sudah digunakan oleh Nike lewat gelang Nike+ Fuelband.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar