Kamis, 24 Januari 2013

Mereka yang Tersandung Skandal Birahi

Aceng HM Fikri JAKARTA- Skandal pernikahan kilat Bupati Garut Aceng Fikri dengan Fany Octora (18) berujung pada pemakzulan Aceng dari posisi orang nomor satu di Garut.

Mahkamah agung (MA) menyatakan Aceng pantas dimakzulkan karena melanggar peraturan perundang-undangan.

MA menyatakan, keputusan DPRD Garut nomor 30 tahun 2012 tentang pendapat DPRD Garut terhadap dugaan pelanggaran peraturan perundangan sesuai dengan hukum. Akibat putusan itu Aceng pun harus turun dari jabatannya.

Aceng menikahi Fany Octora hanya dalam kurun waktu empat hari. Bupati Garut itu langsung menceraikan Fany lewat pesan singkat. Aceng beralasan menceraikan Fany karena sudah tidak ada lagi kecocokan dalam hal yang sangat prinsipil.

Alasan lainnya, Aceng merasa dibohongi. Sebelum menikah, Fany ternyata tidak menginap di pondok pesantren, melainkan hanya sekolah di pesantren atau sama seperti bolak-balik dari rumah ke sekolah. Padahal Aceng meminta untuk dicarikan istri seorang santriwati, “Saya ditipu,” kata Aceng ketika kasus ini mencuat.

Aceng, bukanlah satu-satunya, pejabat yang dilengserkan akibat perkara birahi. Sebelumnya ada sejumlah pejabat yang pernah tersangkut skandal urusan birahi. Sebut saja Yahya Zaini, Max Moein, Al Amin Nasution.

Kasus pertama yang menarik publik ialah, perselingkuhan Ketua DPP Partai Golkar Bidang Agama, Yahya Zaini dengan pedangdut Maria Eva. Video porno keduanya mencuat ke permukaan melalui telepon seluler dan juga internet.

Kasus Yahya Zaini dan Maria Eva mencuat pada Desember 2006. Video berdurasi 42 detik itu membuat Yahya Zaini mundur dari DPR dan Partai Golkar. Karir politik Yahya Zaini pun langsung meredup.

Skandal lainnya, melibatkan politisi PDI Perjuangan, Max Moein. Karir politiknya tamat setelah aksi pelecehan seksualnya dengan mantan sekretaris pribadinya, Dessy Firdiyanti mencuat. Max pun dilaporkan ke Badan Kehormatan DPR. Pada 9 September 2008, Max resmi diberhentikan dari keanggotaannya di DPR.

Tak Hanya Yahya dan Max, politikus lain yang tersandung  kasus birahi ialah Al Amien Nur Nasution. Politikus PPP itu tertangkap KPK di Hotel Ritz Carlton pukul 02.00 WIB pada Rabu 9 April 2008.

Saat penangkapannya, politisi muda ini sedang bersama seorang perempuan yang diketahui masih berstatus mahasiswi di Universitas Pakuan Bogor.  Dalam sidang di Pengadilan khusus Tindak Pidana Korupsi, jaksa KPK mengungkap percakapan telepon yang disadap itu menjadi bukti kalau perempuan tersebut adalah pesanan Al Amien dan bukan pacar anak buahnya. Karir politik Al Amien pun meredup. Dia juga bercerai dengan istrinya pedangdut, Kristina. 

Tak hanya di Indonesia, kasus skandal seks juga kerap mewarnai kehidupan politikus-politikus dunia.  Di Amerika Serikat, mantan presiden Bill Clinton, juga pernah tersangkut kasus perselingkuhan dengan staf gedung putih Monica Lewinsky.

Beruntung Clinton lolos dari pemakzulan di pengadilan Senat pada Februari 1999. Clinton pun meminta maaf kepada rakyat AS karena perselingkuhan itu.

Di Italia, mantan perdana menteri Italia, Silvio Berlusconi juga harus berhadapan dengan pengadilan lantaran dituduh melakukan hubungan seks dengan Karima El Mahroug, seorang gadis di bawah umur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar