Selasa, 15 Januari 2013

Mistik di Balik Nomor Urut Parpol

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Jauh sebelum pengambilan nomor peserta Pemilu 2014 di Gedung KPU, Senin (14/1/2013), sejumlah partai politik (parpol) sudah mengincar nomor cantik yang dianggap bisa membawa hoki atau keberuntungan, misalnya nomor sembilan.

Ki Joko Bodo, paranormal kondang kepadaTribunnews.com menjelaskan, ada persepsi sebagian orang soal angka mistik. "Semua angka itu bagus. Cuma, bila digabung  antara angka satu dan tiga, atau satu dan tujuh, menjadi angka mitos  dan apes," tuturnya.

Mengenai angka sembilan yang diincar banyak parpol, Ki Joko Bodo mengatakan pada tahun ini angka itu menjadi tawar alias tidak membawa keberuntungan lagi. 

Pengamat Komunikasi Politik Effendi Ghazali mengatakan, biasanya ada orang-orang atau kelompok tertentu yang suka nomor-nomor tertentu. "Tentu ada juga nomor-nomor favorit di tengah publik, misalnya nomor satu, karena simpel diingat dibanding lainnya, atau nomor sembilan, karena hari lahir SBY dan lainnya," ujar Effendi ketika dikonfirmasi Tribunnews.com.
Selain itu, nomor tertentu juga gampang diinterpretasi. "Misalnya nomor satu, diinterpretasi menjadi hanya ada satu juaranya," jelas Effendi.

Meski demikian, Effendi menuturkan, ada juga yang diam-diam suka angka tertentu, karena memiliki pemahaman mistik. "Diam-diam ada juga yang suka mistis dengan  nomor-nomor itu," ucapnya sambil tertawa.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar