Kamis, 03 Januari 2013

SAIL TOMINI

SAIL TOMINI— Tojo Unauna Siap Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan


Foto: Istimewa
Gugusan pulau-pulau kecil yang menancap ditengah-tengah laut di Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-una, Propinsi Sulawesi Tengah menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung di kepulauan inionline casino
PALU– Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, menyatakan siap menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan bahari internasional ‘Sail Tomini’ yang direncanakan digelar pada 2012 di obyek wisata bahari Kepulauan Togean pada 2014.
“Kita siap menjadi tuan rumah. Berbagai persiapan sarana dan prasarana telah dimulai, termasuk sosialisasi ke masyarakat untuk mengajak mereka terlibat aktif dalam persiapan,” kata Bupati Tojo Unauna Damsyik Ladjalani di Palu, Rabu.
Menurut dia, tidak ada kendala yang terlalu sulit untuk diatasi terkait persiapan menjadi tuan rumah Sail Tomini tersebut karena kegiatan bahari akbar ini mendapat sambutan yang sangat antusias dari seluruh masyarakat Tojo Unauna.
“Yang ditunggu-tunggu warga saat ini adalah kepastian penyelenggaraannya. Kami menunggu Keputusan Presiden (Keppres) soal penetapan Sail Tomini 2014,” kata mantan Sekda Kabupaten Poso itu.
Damsyik mengatakan, sarana yang paling penting yang harus tuntas sebelum Sail Tomini 2014 adalah pembangunan bandar udara di Ampana, Ibu Kota Kabupaten Touna.
“Pembangunan bandara tersebut saat ini dalam tahap perkerasan landas pacu dan dilanjutkan dengan pengaspalan. Kami akan memperkeras landas pacu sepanjang 2000 meter dan yang akan di aspal hingga 2013 sepanjang 1.800 meter,” ujarnya.
Ia yakin, Bandara Ampana tersebut akan operasional pada Oktober 2013 dan biasa didarati pesawat jet jenis Boeing 737-400. ”Kalau ini selesai, maka diharapkan tidak akan ada lagi kendala transportasi ke Tojo Unauna khususnya menyambut Sail Tomini,” ujarnya.
Damsyik mengakui bahwa saat ini akses transportasi ke Ampana agak sulit karena harus menempuh jalan darat sepanjang 400 kilometer dengan kondisi jalan yang kurang baik. Sedangkan perhubungan laut hanya bisa dijangkau dengan kapal feri dari Gorontalo 3 kali dalam sepekan, sedangkan akses udara belum terbuka.
Terkait persiapan fasilitas akomodasi bila Sail Tomini digelar, Damsyik menyatakan tidak ada masalah meski sampai sekarang belum ada investor baru di bidang perhotelan.
“Semua penduduk baik di kepulauan Togian maupun daratan Ampana dan sekitarnya siap memberikan rumahnya sebagai ‘home stay’ untuk para tamu, jadi tidak ada masalah soal akomodasi,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng Hasanuddin Atjo mengemukakan bahwa sampai saat ini belum ada Keppres mengenai Sail Tomini 2014.
“Kita berharap Keppresnya bisa segera keluar. Mudah-mudahan akan bersamaan dengan Keppres Sail Komodi 2013,” ujarnya.
Gubernur Sulteng Longki Djanggola, kata Hasanuddin Atjo, telah memaparkan secara komprehensif rencana dan kesiapan Sulteng menjadi tuang rumah Sail Tomini 2014 kepada Menko Kesra dan para pejabat terkait dari 18 kementerian dan badan/lembaga negara dan Menko Kesra Agung Laksono mendukung Sail Tomini 2014 dengan pusat kegiatan di Taman Nasional Laut Kepulauan Togian, Kabupaten Tojo Unauna.

2 komentar:

  1. Mohon kiranya dipublikasikan mengenai rencana pembangunan pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan untuk PLTM Bongkasoa-Sipoyo (2MW) yang di Desa Wotusongu Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo UnaUna. Rencana proyek ini sudah 3 tahun tapi tidak ada realisasi. ini ada apa dengan perusahaan pengembangnya dan dinas energinya? Padahal banyak perusahaan lain yang ingin mengembangkan potensi ini tapi tidak dapat masuk?

    Terima Kasih,

    BalasHapus
  2. Ingin bangun bandara listriknya dari mana?? Wong kita masih biarfet sering padam?? Kalau pakai genset pasti mahal biaya operasionalnya?? Mau mengharapkan PLTD yang ada, mana bisa?? Solusinya memanfaatkan potensi alam yang ada seperti hydro power... Nahh coba tuu di cek rencana pembangunan PLTM Bongkasoa-Sipoyo yang di Desa Wotusongu Kecmatan Ulubongka?? Ini bagaimana kelanjutannya??

    BalasHapus