A. Komputer
Komputer terdiri atar dua jenis, yaiut komputer analog dan digital.
Komputer analog tingkat ketelitiannya lebih tinggi, sedangkan digital tingkat
ketelitiannya kuarang. Harga untuk menaikan ketelitian dalam komputer analog
lebih mahal dibandingkan dengan komponen komputer digital.
Analog : Komponen
distrik (terpisah-terpisah)
R, L, C, TR, D
Digital : IC (1960)
IC
1960 LSI (large scale int) 1000-10000/chip
VLSI
10.000-100.000/chip
ULSI 1012/chip
1chip = equivalen transistor
Komputer pertama kali dimenukan (komp. Eniak) 1946.
B. Soft
Ware
Aplikasi :
1.
4C :
v Component
v Comunication
v Control
v Computer
2.
Computer Aided
Design
Adalah soft
ware untuk merencanakan rankaian apapun.
v CAI
: Computer Asisten Instruction
v CBL
: Computer Based
Instruction
v SPAICE
: Untuk design amplifier analog
v CIRCAD
: Untuk design IC
v Workbenc
: Untuk design rangkaian
C. Hard
Ware
Yang terkait dengan sistem komputer : suatu kumpulan peralatan yang pada
dasarnya pengolah data (CPU) memori (penyimpanan) dan alat untuk input
dan output dengan komponen utama mikroprosesor.
v Fungsi operasi
penerimaan data : keyboard to screen
v Fungsi operasi
penyimpanan data : internet download to disc.
v Proses dari
atau ke unit penyimpanan : up dating basic statment
v Proses dari
unit penyimpanan ke I/O : pringting a basic statment
D.
Memori
Dalam memori ada yang disebut dengan acces time : waktu yang digunakan
untuk membaca dan menulis sebuan data. Sedangkan memory cycle time : yang
digunakan pada RAM terdiri dari acces time.
Tn = TA + N/R
Tn : waktu rata-rata untuk membaca atau menulis N bit
TA : waktu acces rata-rata
N : Jumlah Bit
R : Kecepatan transfer dalam bit per detik (b/s)
Memori terdiri atas tiga macam, yaitu :
1. Main memory
v ROM (Read Only
Memory) -- pabrik -- bios (program)
v RAM (Random
Acces Memory) – kosong -- diisi user
v EPROM Programer
: alat untuk mengisi dan menghapus program
v EEPROM : IC
yang bisa dihapus dan diisi
On – BIOS (Basic Input Output System) – A>windows – DOS (format) (Disc
Operation system)
2. Internal memori
Mikroprosesor – register (menyimpan memori sementara pada saat terjadi
proses komputasi)
3. External memori
Contohnya ya kayak flash disc dan sejenisnya.
E. Perangkat
Keras Komputer
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
|
||
Alat Input
|
Alat Proses
|
Alat Output
|
Key Board
|
Casing DS
AT/ATX
|
Monitor
|
Scaner
|
Motherboard
|
Printer
|
FUD
|
Processor
|
Speaker
|
Kamera
|
Memori
|
Head phone
|
CD/DVD
ROOM/RW
|
Card VGA
|
|
Mouse
|
Card I/O
|
|
Joystik
|
Sound Card
|
|
HDD
|
||
Modem
|
||
TV Tuner
|
||
Kabel
|
||
Nb : macam2 alat bisa bertambah disesuaikan dengan
perkembangan hard ware zaman sekarang.
|
Pengetahuan umum :
1. Tipe slot memori DIMN terdiri dari 168 pin
2. Fungsi chip set BIOS untuk mengatur RTC (Real Tine Clock)
3. Fungsi chip set mengatur aliran data antar komponen yang
terpasang pada mother board (ada 3 chip set).
4. Fungsi conector IDE yaitu menghubungkan motherboard
dengan hardisc/cd/dvd yang terdiri atas 40 pin yang tersusun berderet masing2
20 pin.
5. Konektor FDD untuk menghubungkan motherboard dengan
perangkat FDD yang terdiri dari 26 pin.
6. Power supply jenis AT yaitu 125 watt dan jumlah
konektornya 6.
7. Konektor serial adalah konektor yang terdiri dari sepuluh
pin dan pada umumnya mempunyai 2 serial. Untuk konector mouse ataupun keyboard.
8. Fungsi slot PCI/EISA/ISA adalah untuk memasang card
tambahan seperti VGA ataupunsound card yang berjenis PCI/EISA/ISA.
Nb : macam2 alat bisa bertambah disesuaikan dengan perkembangan hard ware
zaman sekarang.
F. Jaringan
Komputer
Adapun prosedur
membuat keputusan jaringan adalah sebagai berikut :
1. Merencanakan
Jaringan
v Jaringan skala
kecil bisa merencanakan jaringan berbasis perangkat keras yang harus
dihubungkan.
v Jaringan skala
menengah/jaringan akan berkembang dalam waktu dekat, harus merencanakan
informasi yang harus dikumpulkan, disimpan, dan sebarkan.
2. Merencanakan
Hardware
v Menggambar peta
ruangan dengan menandai lokasi komputer dan printer atau hardware lain.
v Merencanakan
skema pengkabelan.
v Memprediksi kemampuan
dan keburukan pada masa depannya nanti.
3. Merencanakan
Informasi
Cara terbaik untuk merencanakan jaringan adalah dengan melihat aliran kerja
danm innformasi yang akan disalurkan bukan hanya mempertimbangkan kebutuhan
hardware. Insfrastruktur jaringan harus membantu dalam hal pengumpulan dan
penyebar luasan informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan
4. Menganalisis
Sistem Yang Ada Sekarang
5. Merencanakan
insfrastruktur
Kemudian adalah
tentang skema Jaringan, ada dua tipe jatingan yaitu peer to peer atau
client/server. Berikut macam-macam skema jaringan komputer :
v Peer to Peer
v Client/server
Client : komputer yang terhubung ke server untuk menggunakan sumber
dayanya, seperti menggunakan printer dan modem yang terhubung ke server.
Server : komputer yang dilengkapi software khusus yang mengawasi segala
sesuatu di jaringan.
v Thin Server
Tidak memiliki kemampuan dan kapasibilitas server.
v Jaringan
Gabungan
Jaringan gabungan peer to peer dan client/server. Bila server mati,
komputer lain dalam jaringan masih tetap bisa berkomunikasi.
Mamilih jaringan, beberapa administrator jaringan memberikan sarat
pemilihan seperti dibwah ini :
v Jaringan peer
to peer untuk maksimum 10 komputer
v Server
appliance berbasis windows untuk maksimum 20 komputer
v Jaringan
client/server untuk lebih dari 20 komputer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar