Minggu, 07 April 2013

Pemerinta Kab. Sigi dan Balai Diklat Perikanan Aertembaga Tindaklanjuti Kerjasama Pengembangan SDM Perikanan Sigi

Kabupaten Sigi dengan luas wilayah 5.196,02 KM2 secara geografis adalah Kabupaten di Propinsi Sulawesi Tengah yang tidak memiliki laut. Dengan demikian pengembangan budidaya di bidang perikanan air tawar tentu sangat sejalan dengan potensi yang ada. Salah satunya adalah ikan lele.
Ikan lele (Clarias sp) merupakan salah satu komoditas unggulan kegiatan budidaya perikanan. Pengembangan usahanya dapat dilakukan mulai dari benih sampai dengan ukuran konsumsi yang dipelihara dengan padat penebaran tinggi dalam lahan terbatas (hemat lahan) dikawasan marginal dan hemat air. Setiap segmen usaha ini sangat menguntungkan, selain untuk konsumsi lokal, ikan lele telah mulai diekspor dan permintaannya pun cukup besar. Konsumsi ikan lele beberapa tahun terakhir ini semakin meningkat.
Dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia perikanan maka dilaksanakan pelatihan bagi pembudidaya yang berada di Kabupaten Sigi melalui 2 kegiata yaitu yang pertama adalah pelatihan budidaya air tawar (ikan lele) yang diikuti oleh 30 orang peserta dan yang kedua adalah pelatihan pembuatan pakan ikan yang diikuti oleh 20 orang peserta yang dibiayai oleh APBD Pemerintah Daerah Kabupaten Sigi dan didukung pelatih yang berasal dari Balai Diklat Perikanan Aertembaga sebanyak 2 orang.
Adapun kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dari pemerinta Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan Aertembaga Bitung Unit Pelaksana Teknis Kementerian Kelautan dan Perikanan RI yang merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama Pengembangan Sumberdaya Manusia, nomor : 523.3/0392/DISTANAKAN dan nomor :  /BPPP-BTG/III/2011 yang ditandatangani oleh Bupati Sigi Ir. H. Aswadin Randalembah dengan Kepala Balai Diklat Perikanan Aertembaga Pola S.T Panjaitan, A.Pi, M.M pada tanggal 19 Maret 2011 bertempat di Kampus pondok Pesantren Al-khairaat "Madinatul Ilmi" Kecamatan Dolo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar