Selasa, 30 April 2013

Kawal demo May Day, Satpol PP hanya kerahkan 700 personel

Kawal demo May Day, Satpol PP hanya kerahkan 700 personel
Pengamanan demonstrasi May Day di Jakarta melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Sekitar 700 personel Satpol PP diterjunkan, untuk mengamankan demo buruh. Jumlah tersebut berdasarkan koordinasi dari Polda Metro Jaya.

"Jadi total kira 700 yang menentukan jumlahnya Polda Metro Jaya, bukan saya. Kalau diminta lima ribu, saya kasih lima ribu, tapi begitu kita diserang gak ada orang. Jangan dikerahkan semua," kata Kepala Satpol PP Kukuh Hadi Santoso di Balai Kota Jakarta, Rabu (1/5).

Menurutnya, Polda Metro Jaya meminta 150 Satpol PP ditempatkan di depan Istana, kemudian di seputaran Jalan MH Thamrin 300 personel, di Balai Kota 150, di Gedung MPR 150, di depan gedung Menteri Kesehatan 50 dan di Senayan 50 personel.

"Jadi Satpol PP gitu, depan Istana kita di bawah koordinasi Polda Metro Jaya. Kita diminta oleh Polda Metro Jaya di depan Istana 150 Satpol PP," tandasnya.

Saat ini, puluhan serikat buruh berorasi di depan kantor Balai Kota. Mereka meminta bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), namun saat ini mantan wali kota Solo itu sedang memberikan arahan kepada siswa SMA di Palmerah Jakarta Barat.

"Karena Gubernur tidak ada, tolong bisa wakilnya untuk menemui kami," ujar orator di depan Balai Kota Jakarta.

Mereka datang dari seluruh wilayah Jakarta dan dari luar kota. Hingga saat ini, ribuan buruh masih berdatangan menuju titik pusat demonstrasi.
[cob/id]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar