Rabu, 03 April 2013

Terpilih Jadi Ketua MK, Akil Janji Tak Akan One Man Show

JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi terpilih Dr. HM Akil Mochtar mengaku selama proses pemungutan suara berlangsung, dia hanya berserah diri saja.

"Saya hanya berserah diri, orang yang memilih. Saya merasa bersyukur terpilih memimpin lembaga MK generasi ketiga," kata Akil usai Rapat Pleno Pemilihan Ketua MK di Gedung MK, Jakarta, (3/4/2013).

Akil mengungkapkan, ke depan MK memiliki tantangan yang lebih besar untuk menegakkan hukum dan peradilan pada masyarakat yang mencari keadilan.

"Harapan saya sebagai orang terpilih adalah bisa membawa lembaga ini lebih baik. Mudah-mudahan ke depan apa yang saya lakukan bisa memenuhi harapan masyarakat terhadap MK dan memberi apa yang menjadi hak masyarakat," harap Akil.

Menurutnya, nantinya semua tugas dan tanggung jawab yang akan dilaksankan dalam memimpin Mahkamah Konstitusi sama dengan tugas dan tanggung jawab pada kepemimpinan sebelumnya.

"Hanya style kepemimpinannya yang berbeda. Kita (MK) bukan one man show. Kita sembilan hakim konstitusi selalu musyawarah untuk mencapai mufakat dan menghasilkan produk berupa keputusan," lanjutnya.

Sebagai lembaga yang menjalankan arti demokrasi, lanjut Akil, MK harus mengedepankan komitmen Negara yang harus diteguhkan dengan cara MK menjadi lembaga yang bisa memberikan kesejukan bagi persoalan yang dihadapi bangsa.

"Kita on the track, kita tetap jaga independensi hakim, independensi lembaga, dan memberikan akses justice dengan equal," ujar Akil.

Seperti diketahui, Akil Mochtar terpilih menjadi Ketua MK menggantikan Mahfud MD melalui proses pemungutan suara dalam Rapat Pleno Pemilihan Ketua MK yang digelar pada hari ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar