Selasa, 26 Februari 2013

Chavez Kembali Pimpin Venezuela


CARACAS—Presiden Venezuela Hugo Chavez kembali terpilih memimpin negara tersebut dalam pemilihan umum yang digelar Minggu (7/10). Chavez akan kembali memimpin selama enam tahun ke depan, setelah memimpin Venezuela selama 14 tahun terakhir, mengukuhkannya sebagai salah satu pemimpin paling berpengaruh dalam sejarah modern Amerika Latin.
 
Dalam hitungan sementara hasil pemungutan suara yang mencakup 90 persen suara, Chavez meraup 54.42 pemilih, sementara penantang dari pihak oposisi Henrique Capriles mendapatkan dukungan dari 44.97 persen pendukung.
 
Kemenangan ini disambut sukacita oleh para pendukung inkumben, yang langsung merayakannya dengan menyalakan kembang api dan menyambut penampilan Chavez dari balkon istana kepresidenan.
 
“Hari ini kita telah menunjukkan bahwa demokrasi di Venezuela merupakan salah satu yang terbaik di dunia, dan kita akan terus membuktikannya,” ujar Chavez di depan para pendukungnya, Senin (8/10).
 
Pria berusia 58 tahun itu tampil dalam balutan kemeja warna merah yang menjadi ciri khasnya, tampak segar bugar, mengalihkan rumor bahwa kesehatannya menurun akibat kanker.
 
Sejak naik tahta pada 1999, mantan tentara ini telah menjadi pendukung paham ‘anti-imperialisme’, bersekutu dengan Amerika Serikat, namun sekaligus berkawan baik dengan para pemimpin dari Iran hingga Belarus.
 
Selama masa pemerintahannya, Chavez mengucurkan miliaran dolar AS dari hasil perdagangan minyak untuk menjalankan program-program pengentasan kemiskinan, dan memanfaatkannya sebagai amunisi untuk meraih dukungan rakyat.
 
Kemenangan Chavez juga mendapat sambutan dari wilayah Amerika Latin. Presiden Argentina Cristina Fernandez menulis lewat akun twitter miliknya, “kemenanganmu adalah kemenangan kita semua! Kemenangan Amerika Selatan dan Karibia!”
 
Pihak oposisi merasa terpukul dengan kekalahan tipis ini. Sejumlah pendukung Capriles tampak tertunduk lesu dan menitikkan air mata saat ditemui di markas tim kampanye oposisi. (reuters/wmc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar