Kamis, 24 Januari 2013

Magath: Harapan Besar Beratkan Beban Guardiola

Josep Guardiola i Sala (Foto: Reuters)
ASCHAFFENBURG – Di antara para pemuja Josep Guardiola terhadap tim barunya, Bayern Munich (mulai musim depan), Felix Magath angkat bicara sekaligus bersimpati. Ya, pasalnya Guardiola sudah seperti ketiban beban ekspektasi sebelum memulai pekerjaannya.

Guardiola baru akan menangani Philipp Lahm Cs, musim panas mendatang usai Jupp Heynckes menyerahkan jabatannya. Namun Magath melihat beban di pundak eks-entrenador Barcelona itu sudah terlampau berat dengan harapan. Padahal, belum ada jaminan bahwa Guardiola akan kembali sukses layaknya saat menangani Blaugrana.

“Guardiola sudah diperlakukan seperti seorang Messiah, bahkan sebelum dia menjejakkan kaki di Bayern. Mungkin dia akan kesulitan untuk mengangkat semua ekspektasi berat itu,” ucap Magath kepada LigaTotal!, Rabu (23/1/2013).

Selama ini, Guardiola memang sudah memenangkan banyak gelar dalam kariernya, terutama saat di Katalan. Tapi bagaimana jika di akhir musim, Heynckes mampu mempersembahkan treble bagi FC Hollywood? Jelas capaian itu dianggap akan sulit diulangi Guardiola kendati diharapkan publik Bavaria.

“Kita semua membicarakan gelar yang pernah dimenangkan Guardiola sepanjang kariernya, tapi Jupp Heynckes bisa saja mengakhiri jabatannya dengan memenangkan tiga trofi untuk Bayern musim ini. Jelas takkan mudah untuk Guardiola melewati itu,” tambah sosok yang dijuluki Quälix tersebut.

“Guardiola seorang pelatih berpengalaman, tapi sepakbola Jerman tak seharusnya menyesuaikan diri terhadap Guardiola. Dia yang harus terbiasa dengan Bundesliga. Dia punya segala kualitas untuk bisa sukses,” tandas Magath.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar